THE AMAZING POWER OF DOA

Sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku.

Allah Maha Pemalu dan Maha Pemurah. Dia malu apabila seorang hamba mengangkat kedua tangannya (memohon kepada-Nya), tapi mengembalikan keduanya dalam kondisi kosong tidak mendapatkan apa-apa.” (Hadist Nabi)

Anda pernah/sering berdoa?

Ya, setiap orang, bahkan seorang atheis sekalipun saya yakin pernah berdoa (diam-diam pastinya🙂. Memohon kepada yang Maha Memiliki Kekuatan. Karena doa sejalan dengan fitrah manusia.

Dalam kitab suci Allah berfirman bahwa manusia adalah fakir, dan Allah adalah Maha Kaya. Seorang manusia fuqara di hadapan Tuhan. Tidak memiliki apapun, bahkan seandainya ia orang terkaya sedunia sekalipun. Karena kalaupun hartanya mencukupi sampai turunan ke tujuh, siapa yang bisa memberikan keselamatan dari bencana, kesehatan, umur panjang, kalau bukan Allah?

Saya sering mendengar ada orang yang selalu mencemooh orang yang banyak berdoa. Mereka berpikir, darimana bisa makan kalau cuma dari doa. Darimana bisa punya rumah kalau cuma berdoa. Darimana ini dan itu kalau siang malam kerjanya doa melulu. Hmm, ada benarnya juga kali ya… karena pada kenyataannya banyak hal bisa terwujud dengan kerja keras, bukan dengan doa melulu.

Tapi saya mendapati kisah yang berbeda. Kisah para sahabat Nabi yang tidak pernah absen berdoa. Bahkan sampai-sampai, “garam pun, aku meminta kepada Allah,” saking rajin dan seringnya berdoa. Apa saja yang dibutuhkan ia meminta kepada Allah. Atau pada kisah-kisah lain dimana dengan doa, seorang yang lemah bahkan bisa menggulingkan kekuasaan yang zalim. Seorang yang miskin bisa menjadi kaya raya. Seorang yang jelata menjadi pemimpin, dst.

Ternyata dibalik doa, manusia tidak hanya melakukan sesuatu sekedar meminta untuk dikabulkan Allah. Tetapi juga belajar tunduk, mengabdi dan mendekat kepada-Nya. Dalam jiwa orang yang berdoa menyadari betul kekurangannya, kelemahannya, ke’fakir’annya. Menyadari betul ada kekuatan lain di luar dirinya, yang serba Maha. Anehnya, jika kita meminta ke manusia, terasa betul betapa hina dina posisi kita. Lemah tak berdaya dan juga…malu setengah mati (apalagi kalau gengsi kita tinggi). Tapi meminta kepada Allah, justru kita bisa menjadi semakin kuat. Ini salah satu rahasianya, mengapa orang yang banyak berdoa bisa sukses. Dan ternyata doa yang benar itu membuat seseorang memiliki semangat kerja yang tinggi.

So, semakin sering dan banyak kita berdoa, semakin kuat pulalah jiwa kita. Kuat dan semangat dalam usaha. Yakin dalam memutuskan berbagai persoalan hidup. Ringan dalam menghadapi cobaan yang berat. Karena menyadari kita yang lemah, kita mengajak keterlibatan Allah….dalam doa-doa setiap hari yang selalu kita panjatkan.

Saya pernah mendengar, melakukan apapun sebaiknya diawali dengan doa, karena doa juga merupakan ‘sopan-santun’ kita kepada Allah yang Maha Memiliki. Dengan berdoa kita meminta ijin kepada Allah dan tentu meminta manfaat yang baik dari pekerjaan kita. Dalam buku kumpulan doa, hampir semua aktivitas hidup punya doanya sendiri, seperti yang dicontohkan oleh Nabi. Mulai dari doa masuk toilet sampai doa masuk pasar bahkan masuk sebuah negeri.

Lucunya, pernah ada seorang awam bertanya kepada ulama ketika ia mengeluh tidak bisa menghapal semua doa yang pernah dicontohkan Nabi, saking banyaknya. Ulama menjawab, “berdoalah dengan ini: Ya Allah, aku berdoa sama seperti doa Rasulullah saat melakukan ini (sebutkan aktivitasnya).” Dan itu boleh coba, gimana nggak kurang baiknya Allah ya… Hehehe.. dan kisah yang satu ini sering saya praktekan habis-habisan. Saat nggak ada ide mau doa gimana, dalam hati cuma bilang, Ya Allah aku berdoa sama persis seperti doanya Nabi.. Maka kabulkan ya..amiiin *hihi..ini sih ngeles banget karena nggak ngapalin doa :p

Penulis:

Lusiana M. Hevita (FLP-Forum Lingkar Pena)

Source: http://yudi.aulia.web.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: